KELURAHAN PEJUANG

DATA RUPABUMI WILAYAH ADMINISTRASI KOTA BEKASI

 

KELURAHAN / KELURAHAN           : MEDAN SATRIA / Pejuang

Ibu Kota                                             : Bekasi

Nama Hasil Survey                          : -

Nama di daerah                               : Pejuang

Nama Lain                                        : Pejuang

Dasar Perda Pembentukan           : Perda Kota Bekasi Nomor 04 tahun 2004

Nama yang disepakati                    : Pejuang

Arti nama                                          : Kelurahan Pejuang dahulunya adalah salah satu bazis perjuangan yang mayoritas warganya adalah para pejuang, sama halnya dengan nama-nama Desa/Kelurahan Medan Satria, Perwira, Pahlawan Setia (Kabupaten Bekasi) yang kita kenal sampai saat ini.

                                  

Sejarah Nama            

Dalam kehidupan bermasyarakat tentunya lahirnya suatu organisasi tidak datang dengan sendirinya melainkan ada faktor penyebabnya, oleh karenanya berdirinya Kelurahan Pejuang yang sebelumnya adalah Desa Pejuang disebabkan oleh kebutuhan masyarakat pada saat itu yang memang memerlukan adanya suatu pemerintahan yang diharapkan dapat menaungi permasalahan administratif masyarakatnya untuk kepentingan bersama.

            Kelurahan Pejuang sebelumnya adalah wilayah Kemandoran, terbentuk sejak jaman penjajahan yang pada saat itu dikenal dengan sebutan “Wilayah Kemandoran” Kewedanan Jatinegara Kecamatan Bekasi kemudian pada Tahun 1949 menjadi “Wilayah Desa” yang pada saat itu Kepala Desa Pejuang yang pertama H. MAHDI Bin H. DJUDDIN. Pada tahun 1980 terbentuklah Kelurahan Pejuang yang masuk di dalam wilayah Kecamatan Bekasi Barat Kabupaten Bekasi, kemudian setelah Kabupaten Bekasi dimekarkan menjadi 2 (dua) wilayah pada Tahun 1966 yaitu Kabupaten Bekasi dan Kota Administratif Bekasi yang langsung Kota Administrasi dikukuhkan menjadi Kotamadya Bekasi.

            Seiring berjalannya roda pemerintahan pada Tahun 2000 Kotamadya Bekasi di rubah menjadi Kota Bekasi yang bersamaan dengan dimekarkannya Kecamatan bekasi Barat menjadi 2 (dua) wilayah yaitu Kecamatan Bekasi Barat dan Kecamatan Medan Satria dan Kelurahan Pejuang pun masuk kedalam Wilayah Kecamatan Medan Satria.

Adapun pemberian nama Kelurahan pada saat itu dicetuskan oleh Bapak K.H.NOER ALIE (Pahlawan Nasional) dengan dasar bahwa wilayah Kelurahan Pejuang dahulunya adalah salah satu bazis perjuangan yang mayoritas warganya adalah para pejuang, sama halnya dengan nama-nama Desa/Kelurahan Medan Satria, Perwira, Pahlawan Setia (Kabupaten Bekasi) yang kita kenal sampai saat ini.

Sejarah lahirnya Kelurahan Pejuang belum lengkap sepenuhnya sampai dengan saat ini mengingat narasumber yang ditemui belum lengkap, namun kami tetap berusaha terus mencari kebenaran sejarah selengkapnya untuk mengetahui cikal bakal Kelurahan Pejuang sebagai landasan meneruskan para pendiri bangsa yang ada diwilayah Kelurahan Pejuang Kecamatan Medan Satria Kota Bekasi.

Demikian sejarah singkat lahirnya Kelurahan Pejuang, kiranya dapat menambah wawasan tentang sejarah Lokal Bekasi khusunya Kelurahan Pejuang dan semoga bermanfaat bagi kita semua pihak.

 

Bahasa Daerah

Bahasa daerah yang digunakan pada umumnya adalah bahasa Betawi, Bekasi

.